Yang Harus Kamu Tau Tentang Sifat Orang Jepang Sebelum Berkunjung

Saya rasa hampir semua masyarakat Indonesia memasukkan Jepang sebagai salah satu negara yang ingin mereka kunjungi. Sangat wajar memang karena Jepang memiliki budaya yang masih terjaga disela-sela berbagai kemajuan teknologi dan modernitas. 
Judul post saya kali ini mungkin terkesan seperti saya sudah bertahun-tahun tinggal di Jepang. Tidak, saya hanya sebulan tinggal di Jepang, tetapi saya sudah berteman baik dengan orang Jepang yang sudah saya anggap seperti keluarga saya sendiri dari tahun 2015 lalu. Jadi persahabatan kami sudah terjalin selama tiga tahun. 
Well, karena saya belum pernah tinggal yang bertahun-tahun di Jepang, jadi saya akan menuliskan gimana sih pandangan saya terhadap orang Jepang, mungkin ini akan berbeda dengan orang lain, tapi tak apa, saya hanya ingin share saja, siapa tau bermanfaat. 

1.Pemalu
Kesan pertama bertemu orang Jepang itu pemalu. Mungkin ini adalah efek karena mereka sangat menjaga sikap, jadi tidak mau asal berbicara. Nah, saya merasakan ini saat pertama kali menginjakkan kaki di Jepang, di kota Hiroshima, dimana saya tidak kenal satu orang pun di kampus. Akan tetapi saya bersyukur karena memiliki kepribadian yang cukup easy going, saya sudah terbiasa ketika bertemu orang baru, di suasana baru, saya lah orang yang inisiatif mengajak bicara (karena saya emang ga tahan kalo diem terus). Ini saya lakukan ketika berada di Jepang, dan 100% works. 
Orang-orang mulai membuka diri terhadap saya, mulai dari mahasiswa yang seumuran, mahasiswa master dan PhD, staff departemen, hingga para pengajar yang udah berumur. Hehehee

Walaupun temen yang seumuran dengan saya yang ada di departemen hanya dua orang, tetapi saya punya banyak teman karena mereka juga mengenalkan saya pada teman-temannya yang lain. Mereka mengadakan welcoming party untuk saya, sering mengajak dinner ke apartemennya, ngajakin saya jalan-jalan, sampe nemenin saya belanja. 

Tips dari saya, sering lah menggunakan beberapa kosakata Jepang yang kamu ketahui, misalnya arigatou, itadakimas, ohayo, dll. Karena dari sana orang akan menilai kamu tertarik dengan budaya nya, dan mereka akan semakin menghargai kamu dan senang berteman dengan mu. 

Saya punya satu cerita ketika awal dikampus, salah seorang staff menanyakan pada saya apa makanan Jepang yang saya suka, saya bilang udon dan soba. Gayung bersambut, kemudian sang staff itu mengajak saya makan malam di sebuah restaurant udon bersama dengan suaminya yang bule. 

2. Bertanggung Jawab
Bertanggung jawab disini maksudnya adalah menjaga apa yang sudah dititipkan pada mereka. 
Ketika saya di kampus, saya adalah satu-satunya mahasiswa S1 asing, saya juga yang paling muda saat itu. Profesor sebagai orang yang paling disegani benar-benar protective terhadap saya yang sampai kadang saya juga risih karena saya jadi ga bebas kemana-mana. Kegiatan di weekend saya pun harus saya beritahu, dan nanti ada staff dari departemen yang menemani saya, beliau takut saya pergi sendiri dan tersesat. Sampai-sampai pernah suatu hari, di departemen sedang sangat sibuk dan saya ingin ke Miyajima. Sebetulnya pada saat itu saya belum tau akan pergi dengan siapa. Agar dapat ijin saya bilang saya akan pergi dengan salah satu mahasiswa Indonesia yang sedang phD disana. Diluar dugaan saya, mereka benar-benar nyari di database kampus siapa nama mahasiswanya dan berada di departemen apa dia. 

Bukti perlindungan lain yang diberikan oleh profesor kepada saya adalah dengan minjemin hp classicnya aka jadul ke saya. Hp ini seperti HT, dan hanya bisa call ke 3 nomer, yaitu nomer profesor sendiri, nomer salah satu dosen, dan satu nomer supervisor saya. Saya yakin sepertinya hp ini diperuntukkan untuk lansia atau anak kecil. 

Pengajar disini pun juga ngemong banget. Saya masih ingat, ketika itu ada kelas mulai jam 9 malam. Bekal yang saya bawa dari apartemen sudah habis, akhirnya saya ikutan pesan paket makan malam bersama para pengajar dan staff lainnya. Pas makanannya sampai, kotak makanan saya yang bukain profesor dong hahahaha, macam saya ini anak kicik yang belum bisa buka kotak makanan. Disana saya merasa "disayangi" hahahah

3. Totalitas dalam membantu
Mungkin udah biasa ya denger cerita kalo ke Jepang gatau jalan trus nanyain ke orang-orang disana, dan orang tersebut tak  hanya memberikan petunjuk arah dengan detail, namun juga mengantarkan si penanya ke tempat tujuannya. 
Ini bener banget saya juga beberapa kali mengalami hal ini. Pernah waktu itu saya mau jalan-jalan ke Kyoto sendirian, begitu turun dari bus saya bingung gimana caranya menuju ke hostel yang sudah saya booking. Disaat saya kebingungan itu, lewatlah dua orang muda-mudi yang tengah bergandengan tangan erat, kemudian saya yang tak tau diri ini mencegat mereka ditengah jalan. Awalnya mereka ngasih info aja saya harus kemana, mungkin karena mereka liat muka saya masih bingung, yang cowok dengan sigapnya langsung ambil koper saya dan yang cewe langsung tarik tangan saya biar mereka yang antarkan. Dan lucunya yah, pas udah gobrol-ngobrol ternyata si cewenya blasteran Indo-Jepang, dan pernah 8 tahun tinggal di Jakarta. What a coincidence banget kan ya?

Cerita lain juga saya alami ketika saya hendak pulang ke Tokyo setelah jalan-jalan di Kyoto tadi. Saya naik bus dari Kyoto. Temen saya sudah janji menunggu saya di stasiun yang deket rumahnya. Saya sudah diberikan petunjuk lengkap harus kemana aja, platform apa aja. Begitu saya sampai di Shinjuku station yang rame banget karena masih pagi, saya kewalahan binti kelelahan gerek koper+sandang ransel sendiri, karena di stasiun ini minusnya langka lift dan eskalator. Jadi pake tangga konvensional. Karena capek banget, saya berhenti dulu di pinggir sambil tarik nafas. Eh tiba-tiba ada seorang perempuan Jepang kira2 umur 25an mungkin ya, langsung ambil koper saya tanpa ba bi bu trus naik tangga sesuai arah yang ingin saya tuju. Karena saya kaget, saya ngikutin aja macam orang bodoh. Begitu sampai diatas tak lupa saya ucapkan arigatou si kata pamungkas saya. Yang bikin saya kaget adalah ternayata si cewek ini balik lagi ke bawah, oke fix dia beda arah padahal ama saya. Saya terkagum-kagum karena koper saya ini beratnya lbh dari 25 kg dan dia angkat santai aja. Sampai sekarang saya masih bertanya-tanya dalam hati si cewek ini manusia apa malaikat yak. 

Hari itu saya beruntung sekali, di stasiun berikutnya, saya nanya arah sama seorang pria , wajahnya tampan seirama, berpenampilan seperti seorang eksekutif muda. Saya nanyain paltform yang saya mau tuju ada dimana. Ngeliat saya kerudungan, sang pria ini nebak " Kamu dari Indonesia ya?" FYI, kalo kerudungan muka melayu hanya ada  2 kemungkinan, kalo ga Indo ya Malay. Pas saya jawab saya dari Indonesia, si pria ini langsung bantuin saya angkat koper dan tas jinjing saya yang semuanya berat naudzubillah dan mengimami saya sampai tempat tujuan. Saya gatau pengalaman apa yang doi punya dengan yang namanya Indonesia. Mungkinkah mantan terindahnya perempuan Indonesia yang mukanya mirip saya? Entahlah !


4. Balas Budi
Jadi saya itu dulu dirumah sering ngehostfam beberapa orang asing dari beberapa negara. Salah satunya dari Jepang. Saya dan keluarga ga ngasih perlakuan beda, sama aja kayak biasanya, pokoknya kalo saya makan, mereka juga makan, kalo saya jalan-jalan mereka juga saya ajak. Tapi kalo saya ngedate ga mungkinlah mereka saya ajak juga (tapi waktu itu jomblo sih ) #retjeh

Tapi saya gatau aura apa yang ada dalam diri saya, dalam rumah saya, dan aura apa yang kota padang ini miliki sampai temen saya yang orang Jepang ini balik lagi tahun depannya (awal 2016) kesini. Katanya dia gagal move on. 
Rejeki saya akhir 2016 saya dikasih kesempatan langka binti gratis ke Jepang. Giliran dia yang nge hostfamin saya balik. Selama saya di Tokyo saya tinggal dirumahnya. Pas saya disini, saya di treat bak putri raja (hiperbola ya). Baru nyampe diajakin makan beef streak wagyu yang enak itu,sarapan atau makan malam ditanyain terus mau makan apa,  diajak jalan-jalan setiap harinya, dan hampir kalo keluar rumah atau pas pulang kerumah saya dijemput antar bapak dan emak nya. 
Sampai-sampai temen saya bilang, ini perlakuan spesial bapak emaknya ke saya. Bapaknya sengaja agak telat ngantor biar bisa sekalian antar saya kalo mau keluar, dan pulang kerja juga agak ditelat in, biar saya sama temen saya puas dulu keluyurannya, dan balik ga susah susah ntar naik kereta gitu. 
Begitu juga emaknya yang sering jemput kalo kami ga pulang sama Bapak temen saya. Begitu keluar pintu station, emaknya sudah menunggu dengan Mercedes Benz merahnya lengkap dengan kaca mata hitam anti silau yang hits abis.Padahal temen saya bilang mak nya ga gini gini amat kalo dia pulang kerja malem. 

Dan satu hal lagi yang saya notice dari keluarganya, orang tuanya beberapa kali bilang makasih ke saya karena saya sudah treat anak nya dengan baik pas di Indonesia dan ini saatnya mereka balas kebaikan keluarga saya. Terharu saya

5. Sopan
Di Jepang ini, khususnya di dunia akademis, hirarki sangat terasa. Professor adalah orang yang sangat dihormati. Saya agak shock kalo pagi-pagi pas profesor datang, semua staff dan mahasiswa antri satu-satu didepan ruangan profesor hanya untuk mengucapkan "Ohayo" dan sebaliknya ketika pulang juga harus pamit ke professor. Begitu mereka menghormati profesor disini. 

Begitu juga antar sesama mahasiswa atau staff, siapa yang baru datang atau akan pulang harus mengucapkan salam ke orang-orang yang ada disana. Awalnya aneh, tapi lama-lama terbiasa. 

Begitu juga kalau mau makan siang, jangan makan dulu kalau professor belum makan. 
Tapi yang saya salut, semua keformalan itu memudar kalo udah ngumpul untuk makan siang bareng, si Prof becanda-becanda,  dan yang lain pun ngomongin hal-hal yang ga penting juga. Di sinilah saya baru merasa manusia. 

Segitu dulu yaa, nanti kalo ada saya tambah lagi. Kalo ada masukan, boleh banget comment atau japri saya :)

Comments

  1. Japan, I'll visit you someday 😂😚 Ganbatte nana chan 😍 aku bakal selals baca tulisan kamu... Terus berkarya ya 😘

    ReplyDelete
  2. Aamiin, hoping your dream will come true in a future soon :)
    Makasih sudah baca tulisanku. Eh, ini siapa by the way?

    ReplyDelete

Post a Comment