Short Trip to Harau Valley

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang liburan dadakan saya bersama dua orang teman beberapa hari lalu tanggal 3-4 Oktober 2017. Karena ini hanya liburan yang singkat banget, cuma dua hari, jadi kami ga ada persiapan yang gimana-gimana.

Rencana liburan ini berawal dari idenya si Fany yang tiba-tiba ngewhatsapp sambil setengah memelas,
dan akhirnya setelah mempertimbangkan beberapa opsi, kita pilihlah lembah harau yang berlokasi di kabupaten 50 kota dekat dengan payakumbuh, Sumatera Barat

Setelah rencana rampung, saya akhirnya menghubungi seorang temen lagi. Jadilah kita berangkat dengan 3 orang personil. Well, untuk temen-temen yang berencana untuk berlibur di Sumatera Barat, Lembah Harau ini adalah salah satu altenatif yang oke selain Padang yang terkenal dengan pantainya, dan Bukittinggi yang terkenal dengan alam dan wisata belanjanya.

Lembah Harau ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam dari kota Padang. Untuk sampai kesini ada beberapa alternatif. Kalau kita dari Bandara International Minangkabau (BIM) bisa dengan menyewa taksi dengan biaya 150 ribu sampai tujuan. Pilihan lainnya yaitu dengan menggunakan jasa travel antar alamat, biaya yang dikenakan per penumpang adalah sekitar 67 ribu rupiah, armada yang digunakan adalah isuzu Panther. Kalau ingin lebih menghemat budget bisa dengan menggunakan bus Sarah Transport ( poolnya ada di Ulak Karang Padang), biayanya murah sekitar 28 ribu saja, tetapi kalau naik bus kita tidak diantar sampai penginapan, melainkan hanya sampai pool bus nya yang berada di daerah Sarilamak. Trus pake apa dong ke penginapan di Harau? Tidak usah khawatir, saya sarankan temen-temen untuk naik becak motor saja, ongkosnya sekitar 10 ribu per orang dan kalau temen-temen sendiri mungkin jadi 30 ribu (kapasitas maksimal becak motor ini 3 orang).

Di Harau, saya dan teman-teman menginap di sebuah guesthouse yang recommended banget, namanya "ABDI GUESTHOUSE" Saya pilih penginapan ini karena sekitar 3 tahun lalu saya dan keluarga besar tidak sengaja menemukan penginapan ini ditengah-tengah kesulitan kami menemukan penginapan lain yang fullbooked karena liburan akhir tahun.

Sebelum kesini, reservasi dulu ya ke whatsapp ownernya (Ikbal : +62852-6378-1842) atau ke email mereka : ikbalharau@yahoo.com

Nah, diatas saya lampirkan foto-foto mengenai abdi guesthouse yang sempat saya abadikan. Nah, ada beberapa poin yang membuat saya kembali menjatuhkan pilihan untuk menginap di sini. Pertama, saya suka lokasi nya yang dikelilingi Lembah Harau dan hamparan sawah yang luas. Jadi cocok banget buat yang mau mencari ketenangan dari hiruk pikuknya kota. Kedua, saya suka design dari guesthouse nya. Disini ada 6 buah private cottages, dan ada beberapa yang berlantai dua seperti yang saya tempati. Jadi bisa muat 5 orang lah. Tetapi untuk yang mau bawa keluarga besar atau ada acara kantor, mereka juga punya 1 cottage besar yang kalo saya tidak salah punya 6 kamar. Alasan selanjutnya yang buat saya jatuh cinta dengan tempat ini adalah keramahan staff-staff nya, menurut saya mereka disini sangat kekeluargaan dan tidak menjadikan uang sebagai hal utama, contohnya mereka tidak terlalu strict mengenai jam check in dan check out, bahkan mereka juga pernah bilang bahwa pernah ada bule yang nginep disini tapi ga bayar karena mengaku kecopetan dijalan. Baik banget menurut saya. Trus mereka juga informative memberikan informasi-informasi tentang tempat apa saja yang layak dikunjungi dan juga membantu dalam hal penyewaan transportasi untuk mengelilingi desa harau tersebut.Dan yang paling saya suka adalah harganya sangat terjangkau, berkisar antara 150-200 ribu rupiah per malam. Harga ini ternyata masih tetap sama dengan harga ketika saya menginap 3 tahun lalu disini. Untuk masalah kebersihan jangan khawatir, menurut saya ini tempatnya bersih kok. Sebagai informasi tambahan, mayoritas dari customer mereka adalah turis asing, ketika saya kesini pun hanya saya dan teman-teman yang turis lokal, jadi ada sensasi lain kalau kesini.

sayangnya, liburan kali ini singkat sekali. Saya hanya punya waktu 1 hari untuk berkeliling. Ada beberapa rekomendasi aktivitas dan tempat yang layak dikunjungi kalau kesini .

1. Trekking
Menurut saya ini recommended banget karena temen-temen bakal diajak menjelajahi dan mendaki lembah harau. Pemandangan dari bawah saja sudah luar biasa, saya yakin lelah dan haus akan terbayar begitu kita sampai ke puncak. Dari apa yang saya dapatkan dari pemandu, untuk trekking dibutuhkan waktu sekitar 3 jam. Dan diatas sana, ada air terjun yang masih sangat alami dan pemandangan yang breathtaking.

2. Mengunjungi air terjun
Nah, di lembah harau ini terdapat sekitar 7 buah air terjun. Ada yangs eperti sudah dibuatkan kolam nya, dan ada yang masih dibiarkan alami. Bisa banget nih buat jadi spot prewed ala Laudya Cynthia Bella-Engku Emran hahaha

3. Bermain perahu kecil warna warni

Ternyata disini juga ada perahu-perahu kecil atau yang orang disini biasa sebut "sampan". Yang menarik adalah warnanya yang mencolok, jadi kalo dibilang instgrammable hehehe. Satu sampan bisa didayung oleh 2 orang, biayanya 15 ribu saja .

4. Berfoto didepan pohon "jomblo"
Ini nih yang lagi hits di kalangan anak muda ranah minang, apalagi kalau bukan berfoto ala-ala lagi di luar negeri. Disini ada sebuah pohon yang sudah gugur semua daunnya, dan terletak ditengah lapangan luas, jadi terlihat sebatang kara. Dan dibelakangnya ada sebuah bangunan pesantren yang didesain ala-ala Eropa begitu. Jadi, pinter-pinterlah cari angle yang pas supaya foto nya jadi bernilai estetik.

5. Berkuda
Disini juga ada lapangan berkuda yang baru dibangun, menurut saya ini juga wajib lah temen-temen coba, karena sensasi berkuda pasti bertambah dengan pemandangan yang memanjakan mata dan udara yang bersih dan sangat sejuk. tapi sayang saya lupa untuk mengambil foto nya.

6. Jangan lewatkan berfoto didepan ikon tulisan "Harau Valley"
Spot fotonya bagus, karena berada di ketinggian, jadi cukup tampak jelas lembah harau di belakang. Saya akan perlihatkan fotonya, tapi kurang jelas terlihat background lembah harau di foto saya karena kami mebawa kamera dengan lensa fix.

Kalau temen-temen kesini, lebih baik sediakan waktu 3 hari. Karena hari pertama bisa buat trekking, hari kedua untuk mengelilingi desa harau, dan hari ketiga untuk bersantai di cottage.
Liburan singkat kali ini spesial banget buat saya, karena bertepatan dengan hari lahir saya yang ke 20+ dan makasih buat dua orang sahabat saya yang udah bikin surprise yang sederhana tapi sangat mengesankan. Semoga kedepannya saya bisa terus memperbaiki diri :) Sampai jumpa diliburan berikutnya my adventure partners !!

Sekian dulu postingan saya yang cukup panjang ini, nantikan postingan saya selanjutnya mengenai Jepang :)

1. awww ada Dinaa. how can you come to this blog? wkwkwk but thanks for visiting, anyway