Malaysia, Singapore, Langkawi Island ! Part 1

Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya sampai jugalah kita pada hari-H, tanggal 13 Januari 2015.
FYI, H-1 kita masih bingung mau mesen bagasi atau tidak. pada awalnya kita merasa, free 7 kg baggage dari airasia cukup untuk barang-barang yang akan kita bawa selama krg lebih seminggu trip kita. namun, setelah ditimbang akhirnya muatan kita melebihi 7 kg. Kita semua pada panik, aduh gimana ya? Kalo beli bagasi di bandara kan nantinya mahal. Setelah berpikir cukup panjang akhirnya gue, dini, dan fani memutuskan untuk membeli bagasi 25 kg seharga 165 rb yang rencannya akan kita pake bertiga. Dan akhirnya si Siti juga terpengaruh untuk membeli bagasi 20 kg karena setelah dia nimbang berat tasnya juga lebih dari 7 kg.

13 januari 2015
hari itu gue bangun pagi banget, jam 4 subuh udah bangun. padahal flight gue ke KL adalah jam 8.30
Gue bangun pagi banget karena pada awalnya mau nebeng sama bokap yang akan ke bandara juga karena beliau mau ke bandung pada pagi itu. namun, nyokap bilang ngapain kamu pagi-pagi banget ke bandaranya, lebih baik kamu nebeng aja sama temen nanti ke bandaranya.
Keberangkatan gue kali ini agak dramatis, tumben banget si mama cipika cipiki pas gue pamit, kalo gue rasa sih nyokap ada ketakutan tersendiri melepas gue, terutama setelah tragedi AA QZ 8501 beberapa waktu lalu.
Dan akhirnya gue memtuskan untuk nebeng ke bandara sama Dini si anak tunggal yang pastinya dianter ortu nya ke bandara.

Gue salut sama airasia ini, setelah beberapa kali gue menggunakan jasa dari maskapai low cost ini, ia selalu berangkat ontime,begitu juga hari itu, jam 8.30 kami sudah take off. Singkat cerita, pada pukul 10.45 waktu malaysia, gue sudah landed di KLIA 2. Ini bandara bagus, kaya mall, beda banget sama bandara LCCT dulu yang sekarang udah ga dipake lagi.

Setelah 2 jam menunggu akhirnya gue dijemput. Sodara gue yang ada di Malay juga udah bilang bakal ngejemput gue di bandara. Saat itu yang jemput adalah suaminya, agak awkward juga karena gue ga ingat muka suaminya kaya gimana, rasanya cuma pernah sekali ketemu dan itu udah 4 tahun lalu.
Bukan gue kalo ga pake jurus sok kenal sok dekat hahahahha, kita nunggu pas didepan tempat mobil ngedrop penumpang, kita gembel disana, pas ada satu mobil berenti, lalu orang didalemnya buka kaca, dan nanya "Nana,ya?" gue dan rombongan langsung mengemasi barang masing-masing dan masuk ke mobil . di Mobil gue berusaha sebisa mungkin sok akrab walaupun kali ini gue ngobrol sama om gue itu.

Sodara gue ini tinggal di daerah Klang, sekitar 1,5 jam perjalanan dari KLIA menggunakan mobil pribadi.
Setelah sampai dirumahnya dia, tante gue semacam udah nyiapin makanan buat kita makan siang. Jadilah kita makan siang gratis di rumah tante gue ini. Rejeki anak sholeh emang ! hahahah

Setelah makan siang dan taro barang-barang di kamar, kita leyeh leyeh bentar, habis itu langsung cabut keluar karena kita ingin memaksimalkan waktu yang kita punya.Gue dan temen-temen dianter sama si om ke stasiun kereta terdekat, namanya stasiun "Teluk Pulai", kita rencananya mau ke KL sentral dulu, lalu habis itu ke Mid Valley, habis itu ke UKM mau jemput tiket kereta yang masi sama temen gue si Rini, dan malemnya kita akan ke I-city.

Perjalanan dari Teluk Pulai ke KL sentral cukup lama, sekitar 2 jam perjalanan dengan train. Tapi gapapalah, train nya nyaman dan bersih. Gue pikir negara kita harus belajar banyak dari negara tetangga kita yang sudah jauh lebih maju public transportationnya. Gue salut gimana cara negara ini ngatur sistem perkereta apiannya, gue ga ngeliat rel yang ngelintasin jalan raya ataupun pemukiman penduduk, kereta punya daerah kekuasaannya sendiri.Oiya, harga tiket dari teluk Pulai ke Kl sentral adalah 3,6 RM.

Sampai di KL Sentral, kita beli tiket kereta ke Mid Valley, window shopping bentar di Mid valley , dan sekitar jam 6 sore kita lanjut ke UKM buat ketemu si Rini.
Setelah tiket kereta ditangan, kita lanjut lagi perjalanan ke KL sentral, beli tiket kereta ke Padang Jawa, kalo lo mau ke i-city lo turunnya di station padang Jawa, dari sana lo bisa naik taksi ke i-city, biayanya sekitar 15 RM, dari Pdg Jawa ke i-city pake taksi paling cuma 5 menitan, deket banget kan.

Kira-kira jam 9 malam, akhirnya kita sampai di I-city, i-city ini adalah taman bermain yang bertemakan LED lights, lokasinya di Shah Alam, Selangor, buka kira-kira dari jam 8 malem sampai jam 3 pagi.Luas arealnya sekitar 3 hektar, disini kita bisa snow walk, trus ada juga wahana2 semacam disco ride, dkk disini. Masuknya gratis, kita bayar pas kita mau masuk wahana permainan aja.

Disini, kita nyobain permainan "Disco ride" namanya, semacam kita duduk diatas motor yang ditaro di atas piringan yang berbentuk UFO, yang akan melayang kemana-mana. Harga tiketnya kalo ga salah RM 10. Bagi lo yang lemah jantung jangan coba-coba yang satu ini. Gue serasa mau mati aja di wahana ini, yang paling parah adalah si fany dan dini yang langsung muntah begitu turun dari wahana ini. Ngocok perut banget.
Habis nyoba Disco ride, kita terpanggil lagi buat nyobain wahana lain yang gue lupa apa namanya, semacam kursi putar gitu, harga tiketnya sama aja, keliatannya sepele , tapi pas lo udah nyobain, dijamin kepala bakal puyeng, dunia serasa berputar.
Puas disini dengan keadaan perut yang serasa mau keluar isinya, jam udah menunjukkan pukul 1 malam, mana cuaca dingin, daerahnya udah mulai sepi, dan kita gembel di deket parkiran untuk menenangkan perut sambil nungguin jemputan.

14 Januari 2015

Jadwal di tiket kereta kita ke singapore adalah hari ini tepatnya pukul 23.00 dengan menggunakan kereta Senandung Sutera dari KL Sentral. Ga mau siang nya cuma terbuang sia-sia, sekitar jam 11 pagi, kita beres-beres dan udah sarapan di rumah, lalu kita melanjutkan perjalanan ke china town yang ada di jalan petaling street. Hari itu, masing-masing dari kita cuma bawa 1 ransel, yang udah diisi sama perbekalan kita buat ke singapore malamnya. Hal yang paling penting dibawa adalah selimut, karena di kereta dingin banget, udah kayak mau beku, Trus jangan lupa juga bawa odol, sikat gigi, facial wash, supaya bisa keliatan fresh meskipun kamu ga mandi hahahaha.

Di china town, kita ngalor ngidul ga jelas, sampe akhirnya kita berhenti lama di satu toko yang jual tas, dan segala macam aksesoris dg harga yang lumayan miring. Harga tas nya lumayan lah, umumnya sekitar RM 25.Yang namanya cewek, pasti ga tahan liat barang-barang kaya gitu, akhirnya kita beli tas dan aksesoris juga disana hahahah.
Puas ngelilingin china town sampai kaki gempor, sekitar jam 6.30an kita ngelanjutin perjalanan ke KL sentral. Disana kita sekalian makan malam, di meal station, makanan disini enak-enak, kalo harga relatif agak mahal, 8 atau 10 RMan, tapi sesuai lah sama cita rasa nya. Di KL sentral, kita juga sempetin lagi ngalor ngidul gajelas di mall baru nya, NU sentral. Seingat gue, setahun lalu gue kesini , mall nya masi dalam tahap pembangunan, tapi sekarang udah keren aja ini mall. KL emang surganya pusat perbelanjaan emang.
Jam udah nunjukiin 22.15, dan kita langsung naik ke lantai 2 KL sentral, dimana platform train ke spore ada disana. Untuk menghemat budget selama di spore, kita sempetin untuk beli air mineral dan makanan di KL sentral, karena kalo belanja di spore pasti akan jauh lbh mahal karena semuanya dipatok dalam SGD.Tepat 10.30, pintu platform nya dibuka, tepat waktu banget, semua penumpang disuruh masuk ke coach nya masing-masing.

15 Januari 2015 

Setelah hampir mati kedinginan dan badan serasa pegel selama kurang lebih 8 jam berada di kereta, kita berhenti di imigrasi Johor Bahru untuk pengecekan passpor dan barang bawaan. Semua penumpang disuruh turun dan membawa barang bawaan masing-masing. Masih pagi , tapi udah rame aja yang ngantri di imigrasi JB ini, kebanyakan dr mereka yg mengantri adalah WN malaysia yang bekerja di Spore. Proses imigrasinya berlangsung singkat, setelah semua selesai, kita masuk lagi ke kereta yang masih menunggu diluar untuk melanjutkan perjalanan ke Singapore.
 Dari imigrasi JB, sekitar 10 menitan kita udah sampai di Woodlands CIQ yang mrpkan pemberhentian trkhir. Disana kita antri untuk dicap passpornya, oiya sebelumnya kita diharuskan untuk mengisi kartu imigrasi yang udah tersedia disana.
Antrian disini cukup panjang, namun jumlah petugas imigrasinya cukup banyak, mereka kerjanya cepat, jadi paling kita cuma antri sekitar 15 menit kurang.

Keluar dari imigrasi ini, kita bingung , sementara orang-orang udah pada sibuk nungguin bus. Rencananya kita akan ke stasiun ang mo kio untuk beli Singapore Tourist Pass (STP).FYI, STP ini ga tersedia disetiap stasiun. Namun, stasiun terdekat dari Woodland adalah "Ang Mo Kio". Untuk kesana kita harus naik bus dulu ke "Woodlands Interchange", nah yang jadi masalah disini adalah, buat ongkos bus nya harus dengan uang pas, tarifnya 1,6 SGD, kalo kita ngasih 2 SGD , gabakal dibalikin lebihnya. Sementara untuk berempat orang, kita cuma punya 4 SGD uang kecilnya, alhamdulillah disini kita ketemu orang baik, ada 2 mahasiswi dari UI yang udah lebih tua dari kita, nah si kakak berdua ini rela bayarin ongkos bus kita. Sepertinya mereka juga bingung mau kemana, jadi, sepanjang perjalanan mereka ngikutin kita.

Perjalanan ke Woodlands interchange ini memakan waktu sekitar 30 mnt, disepanjang jalan gue sibuk nanya-nanya ke penumpang lainnya karena takut kesasar. Positive thing yg gue temui disini adalah, mayoritas warganya welcome dan baik-baik banget sama tourist.

Sampai di woodlands interchange kita beli tiket MRT ke ang mo kio seharga 2,2 SGD, beli disini pake mesin, ga ada petugas yg standbye di loket untuk menerima pembelia scra manual. Untung ada si ibu melayu yang mgkn kasian ngeliat tampang gembel kita, lalu beliau ngajarin beli tiket otomatis ini, dan akhirnya beliau ngasih kita map, yang berguna banget buat trip kita selama di spore ini.
Sampai di ang mo kio, kita beli STP untuk 1 hari, harganya 10 SGD, deposit 10 SGD yang bs diambil sewaktu kita akan mengembalikan kartu ini. STP ini sangat memudahkan, karena kita cuma tinggal men'tap' kartu nya buat bayar bus, MRT, LRT, train.Rata-rata sih semua warga spore bepergian hanya bermodalkan sebuah card serbaguna yang mereka cuma tinggal tap tap dan tap . Andaikan Indonesia juga bs kaya gini.

Dari ang mo kio, kita lanjut lagi naik subway ke sentosa, perjalanan cukup panjang, lebih dari 1 jam, pdhl ini subway udh ngebut banget. Tapi subwaynya sih nyaman banget, jadi betah duduk lama-lama.

Untuk masuk ke sentosa kita cukup bayar 1 SGD kalo pengen jalan kaki, gapapalah yang penting murah, jalan kaki disini makan waktu 15 menit, tp jangan takut, pemandangannya indah kok, kalo kamu capek juga ada travellator.

Di sentosa, kita hanya puas dengan foto-foto, karena kalo masuk wahana macam universal studio kan mahal banget, belum cukup dikantong kita.


Selesai dari sentosa, kita ke bugis street buat nyari makan siang. Kalo boleh dibilang sih di spore udah dibilang agak susah nemuin makanan halal, tapi untungnya di bugis street ada semacam food court, dan disana ada bbrpa buah gerai makanan yg halal. Harga makananannya cukup mahal sekitar 7 SGD untuk seporsi soto ayam, tapi porsinya sih gede dan enak.
Karena udah sekitar jam 3 siang, kita nerusin perjalanan ke chinese garden, naik LRT dari bugis station. Cukup jauh ke chinese garden ini, kalo gasalah lebih dari setengah jam. Kita tau chinese garden ini dari salah satu blog, kita penasaran krna sepertinya areal ini belum terlalu mainstream. Kalo boleh dibilang ini seperti taman kota yang cukup luas, biasa dipake buat jogging disore hari, masuknya gratis, bagus banget buat nenangin diri, disini konsepnya kayak kita lagi ada di china dan jepang, tp krna keterbatasan waktu, kita cuma sempat jalan ke areal chinese nya. Buat ngelilingin taman ini ga disediakan kendaraan apapun, harus jalan kaki, even pake sepeda pun ga boleh. Tapi view nya oke la.



Ternyata disini jam 18.30 masi kayak jam 16.00 aja, jadilah kita agak terlena disini. Ngeliat jam ditangan agak kaget, lalu kita buru2 pergi ke woodlands interchange, disana kita ngambil deposit STP, lalu antri bus ke Johor Bahru untuk kembali lagi ke KL.

Comments